Jasa Taman dan Kolam – Tukangtaman.id

Tips Membuat Taman Rumah Minimalis yang Menawan dan Asri

Tips Membuat Taman Rumah Minimalis yang Menawan dan Asri

Tips Membuat Taman Rumah Minimalis yang Menawan dan Asri

Taman rumah minimalis sangat menarik untuk diwujudkan bukan? Untuk mewujudkannya tidak terlalu mudah karena sebisa mungkin taman ditata supaya bisa menjadi area yang nyaman.

Elemen taman pada rumah merupakan aspek yang sangat penting. Jika Anda ingin mempunyai taman tetapi lahan sempit ada baiknya ditata dengan sebaik mungkin. Anda bisa membuat membuat taman minimalis dengan beberapa trik khusus.

Berikut ini tips membuat taman untuk rumah minimalis agar nyaman dan asri. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Membuat Taman Rumah Minimalis

Anda tidak perlu mencari lahan yang luas untuk membuat taman impian di rumah minimalis. Untuk dekorasinya Anda bisa memanfaatkan barang bekas atau membeli dengan harga yang terjangkau. Untuk membuat taman rumah minimalis Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

Menentukan Letak Taman

Sebelum membuat taman Anda harus memastikan letak taman terlebih dahulu. Dimana kiranya lahan yang cocok untuk digunakan sebagai taman. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas bisa memanfaatkan lahan yang ada.

Jika Anda ingin memiliki taman rumah sederhana pada bagian depan rumah, buatlah taman kecil berbentuk persegi atau persegi panjang. Nantinya Anda bisa langsung menata taman dengan berbagai tanaman.

Memberi Batasan

Mempunyai taman rumah minimalis harus ada batasan yang jelas. Batas taman bisa menggunakan jajaran bebatuan dinding atau pagar kayu yang pendek. Anda bisa membiarkan batasan tetap dengan warna natural atau diberi warna netral.

Menyesuaikan Desain

Saat membangun rumah Anda pasti sudah menentukan gaya arsitektur yang diinginkan bukan? Jika gaya arsitektur rumah Anda adalah minimalis maka desain taman harus menyesuaikan dengan rumah. Desain yang baik merupakan taman berkesinambungan antara ruang dan ruang yang lain. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu desain taman yang akan dibuat sesuai dengan selera dan dana.

Memanfaatkan Dinding Kosong

Jika Anda mempunyai area terbatas bisa membangun taman berukuran kecil dengan memanfaatkan dinding. Anda hanya perlu menambah ornamen kayu atau besi yang ditempelkan di tembok lalu letakkan tanaman.

Rumput alami dan Sintetis

Rumput merupakan tanaman yang paling bagus untuk ditanam rumah minimalis. Rumput akan mencerminkan suasana taman yang netral dan mudah digabungkan dengan permukaan alam. Jika Anda ingin taman rumah minimalis terlihat lebih bersih dan sederhana bisa menggunakan rumput sintetis seperti karpet. Jika Anda mempunyai waktu luang yang banyak untuk mengurus taman bisa memilih rumput hidup yang cocok untuk taman. Anda bisa menggunakan rumput gajah atau rumput Jepang.

Menentukan Jenis Tanaman

Anda harus memilih jenis tanaman yang akan digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua tanaman bisa tumbuh berkembang dengan baik pada kondisi iklim yang berbeda. Sebaiknya Anda memilih jenis tanaman dengan menyesuaikan iklim tempat tinggal serta kondisi tanah.

Untuk pemilihan tanaman jangan hanya memilih satu jenis saja. Tetapi padukan berbagai tanaman lain mulai dari bentuk tanaman harmonisasi warna dan yang lainnya. Dengan begini pemandangan Taman akan lebih menarik dan terlihat asri.

Memadukan Dengan Batu

Selain menciptakan rumah sehat taman pada halaman rumah bertujuan untuk menghadirkan sisi natural yang alami. Maka dari itu coba kombinasikan dengan batu alam, karena batu alam mempunyai motif yang beragam dan sangat indah. Elemen ini bisa menjadi pelengkap yang sesuai untuk Taman Anda di rumah.

Menyesuaikan Dekorasi

Bukan hanya jenis tanaman saja yang akan digunakan tetapi membuat taman rumah minimalis dengan lahan sempit harus mempertimbangkan dekorasi. Dekorasi bisa menggunakan akuarium kecil, vas bunga, patung, lampu taman dan yang lainnya. Tetapi pilihlah dekorasi yang sesuai dengan tema dan ukuran agar tidak terlalu besar.

Tanaman Hias Gantung

Jika Anda mempunyai lahan sempit bisa memanfaatkan tanaman gantung. Hal ini memberi kesan sederhana. Caranya cukup simpel, Anda hanya perlu menyediakan pot berisi tanaman hias lalu digantungkan.

Menggunakan Pola Horizontal-Vertikal

Warna lahan yang sangat terbatas Anda harus mencermati hal ini. Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan kombinasi pola horizontal dan vertikal. Sistem vertikal biasanya menggunakan tanaman yang disusun ke atas sedangkan horizontal memanjang ke samping. Jika Anda menggunakan sistem horizontal bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman bunga dan daun yang warna warni,. Untuk alatnya Anda bisa menggunakan rak aluminium pot bunga beton dan yang lainnya.

Konsisten

Saat menata taman rumah minimalis Anda harus tetap konsisten dengan rencana pembuatan. Jika ada penambahan dekorasi sebaiknya tetap dengan warna yang sesuai dengan nuansa taman.

Cara Merawat Tanaman Rumah

Menyiram Secara Rutin

Menyiram tanaman sebaiknya dilakukan dua kali sehari secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan tanaman agar tetap segar dan tidak mudah mati.

Rutin Memotong Ranting dan Daun

Sebaiknya segera memotong ranting dan daun yang sudah tua karena bisa mengganggu pertumbuhan. Selain itu Hal ini bertujuan agar tanaman terlihat lebih cantik dan fresh.

Memberi Obat Pembasmi Hama

Memberi obat pembasmi hama Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan tanaman. Pastinya hal ini untuk menghindari serangan hama yang merugikan tanaman Anda. Anda bisa menggunakan obat pembasmi hama natural atau pestisida.

Memberi Pupuk

Memberi pupuk bertujuan supaya tanaman tumbuh dengan subur, karena pupuk sama saja seperti nutrisi untuk tanaman. Sebaiknya tambahkan pupuk dari kotoran hewan karena nutrisinya sangat bagus untuk tanaman. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan satu minggu sekali.

Untuk Anda yang ingin memiliki taman rumah minimalis bisa mengikuti tips tersebut. Pastikan Anda selalu merawat tanaman dengan baik agar terlihat lebih asri dan nyaman.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *